top of page
Search
  • Writer's pictureSulaiman nur Rahman

Cara Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2016

Ketika sedang menulis laporan, makalah, buku, proposal ataupun skripsi di Microsoft Word, tentulah penggunaan daftar isi sangat diperlukan. Hal tersebut disebabkan karena daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari halaman suatu topik pembahasan. Membuat daftar isi di Word cukup mudah untuk dilakukan. Bagaimanakah caranya? Simak ulasan berikut ini.

Tahapan Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Terdapat 2 cara membuat daftar isi di Microsoftword yang bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menggunakan fitur heading dan add text. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini untuk penjelasan yang lebih detail.

1. Menggunakan Fitur Heading

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur heading. Fitur ini berada di tab Home dan terletak di dalam kotak yang memanjang. Tahapan-tahapan dalam membuat daftar isi dengan cara ini, yaitu:

● Membuka dokumen yang akan dibuat daftar isi

● Siapkan halaman kosong untuk dijadikan sebagai halaman daftar isi

● Mengaktifkan fungsi heading. Klik Heading 1 untuk judul bab, Heading 2 untuk subbab, dan Heading 3 untuk anak subbab. Ketika mengaktifkan fungsi heading, biasanya tulisan untuk judul, subbab, dan anak sub-bab akan berubah format. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengedit kembali format yang sudah ditentukan sebelumnya.

● Letakkan kursor di halaman yang kosong tadi dan klik tab References

● Kemudian klik Table of Contents yang berada di pojok kiri atas dan pilih format Automatic Table 1 atau 2 (sesuai selera)

● Daftar isi pun akan otomatis muncul pada halaman yang awalnya kosong tadi

● Sesuaikan format daftar isi, seperti jenis dan ukuran font, spasi, dan sebagainya

2. Menggunakan Fitur Add Text

Fitur Add Text dapat ditemukan jika mengklik tab References dan masih berada dalam satu bagian bersama Table of Contents. Cara membuat daftar isi otomatis dengan menggunakan fitur ini sebagian besar hampir sama dengan menggunakan fitur heading.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka file yang akan dibuatkan daftar isinya. Selanjutnya, siapkan halaman kosong untuk dijadikan sebagai halaman daftar isi. Kemudian, aktifkan fungsi add text. Caranya adalah dengan memblok judul dan klik opsi Level 1. Sedangkan Level 2 digunakan untuk subbab dan Level 3 untuk anak subbab.


Ketika mengaktifkan fungsi add text ini, biasanya tulisan untuk judul, subbab, dan anak sub-bab akan berubah format. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengedit kembali format yang sudah ditentukan sebelumnya.


Setelah itu, letakkan kursor di halaman yang kosong tadi dan klik tab References. Lalu, klik Table of Contents yang berada di pojok kiri atas dan pilih format Automatic Table 1 atau 2 (sesuai selera). Daftar isi pun akan otomatis muncul pada halaman yang awalnya kosong tadi.


Langkah terakhir adalah menyesuaikan format daftar isi, seperti jenis dan ukuran font, spasi, dan sebagainya agar sesuai dengan format tulisan yang lain.

Manfaat Membuat Daftar Isi Otomatis

Ada beberapa kelebihan yang didapatkan oleh seorang penulis jika membuat daftar isi otomatis di Microsoftword.id, di antaranya:

● Mudah dan praktis

● Hasilnya lebih rapi ketimbang membuatnya secara manual

● Hemat waktu


Tidak perlu bingung lagi jika harus membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word 2016. Tinggal ikuti saja langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya. Baik menggunakan cara kesatu atau kedua, tentunya membuat daftar isi otomatis ini sangat disarankan karena sangat memudahkan penulis.


2 views0 comments

Recent Posts

See All

Pentingnya Aset dalam dunia perbankan

Aset adalah sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh individu, perusahaan, atau pemerintah dengan harapan akan menghasilkan arus kas masa depan. Jenis aset umum meliputi: Aset lancar, aset tid

Kenal Lebih Dekat dengan Permainan Ceme Online

Di Indonesia sendiri, permainan togel online memang dilaksanakan secara terbatas dengan jaringan khusus. Hal ini dilakukan karena adanya aturan yang membatasi kegiatan perjudian di Indonesia. Meskipun

Pengertian K3 Menurut Ahli dan Ruang Lingkupnya

Dalam konteks aturan tentang Pengertian K3 Pengertian kesehatan dan keselamatan kerja kesehatan keselamatan kerja kesehatan dan keselamatan kerja, kita mengenal istilah K3. Nah, pada kesempatan kali

bottom of page